Apa Itu Terminal Blok Listrik, Fungsi Dan Manfaat Penggunaannya

Apa Itu Terminal Blok Listrik, Fungsi Dan Manfaat Penggunaannya

Semakin majunya teknologi di bidang kelistrikan saat ini membuat semakin banyak komponen listrik yang dapat digunakan untuk mempermudah pemasangan sebuah rangkaian. Salah satu dari komponen listrik tersebut adalah terminal blok listrik.

Saat ini, komponen yang satu ini semakin sering digunakan pada rangkaian atau instalasi listrik di sebuah pabrik. Namun sebenarnya apa terminal blok listrik ini, fungsi dan juga manfaatnya?

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan sedetail mungkin kepada anda. Tertarik untuk mempelajarinya? Langsung saja, simak ulasan yang saya siapkan berikut ini.

Apa Itu Terminal Blok Listrik?

Sumber gambar: Alibaba

Melansir penjelasan dari halaman edukasikini, kami menemukan bahwa terminal blok listrik ini adalah blok modular terisolasi yang menahan dan menyambungkan dua kabel atau lebih. Jika mengacu pada bentuk umumnya, terminal blok ini umumnya memiliki beberapa terminal individu yang tersusun dalam bentuk strip memanjang.

Fungsi Terminal Blok Listrik

Tterminal blok sendiri ini memiliki beberapa fungsi utama dalam rangkaian listrik atau instalasi, yakni meliputi:

  • Sebagai pengaman – melindungi komponen atau sirkuit utama dari kerusakan ketika terjadi arus pendek.
  • Mengefisienkan pemakaian kabel – mengurangi penggunaan kabel pada suatu rangkaian atau instalasi listrik.
  • Sebagai jumper/penghubung  – Menjadi titik penyambung ketika anda ingin melakukan penambahan komponen dalam suatu rangkaian atau instalasi listrik.

Manfaat Menggunakan Terminal Blok Listrik

Saat ini, terminal blok telah menjadi salah satu komponen yang semakin semakin umum. Penggunaan terminal blok ini sendiri memberikan beberapa manfaat tersendiri yang meliputi:

Meningkatkan Keamanan

Keamanan yang lebih baik adalah salah satu nilai plus dari penggunaan terminal blok ini. Terminal block ini dapat mengisolasi dan juga melindungi komponen lain dalam sebuah sirkuit atau rangkaian listrik. Sehingga jika terjadi arus pendek, maka komponen lainnya akan tetap aman.

Instalasi Yang Mudah

Keuntungan lainnya dari penggunaan terminal blok adalah kemudahan dalam hal instalasinya. Jika membandingkan dnegan dengan instalasi dengan cara konvensional, pemasangan dan penyambungan kabel dalam rangkaian listrik menggunakan terminal block ini terbilang cukup mudah.

Cukup dengan menggunakan obeng, teknisi bahkan cukup menggunakan kabel untuk menyambungkan atau memasang kabel pada terminal blok ini.

Menghindari Kemungkinan Korosi

Keuntungan terakhir dari penggunaan terminal blok ini adalah mencegah kemungkinan korosi. Akibat terjadinya aksi elektrolitik antara dua logam yang berbeda, terkadang kabel dapat mengalami korosi.

Sebagian besar terminal blok saat ini dibuat dari campuran tembaga, sehingga dapat mencegah kemungkinan korosi pada kabel.

Kerugian Menggunakan Terminal Blok

Meskipun dijelaskan menawarkan banyak kelebihan dari penggunaannya, namun terdapat juga kerugian atau kelemahan terminal blok ini. Salah satunya adalah berkaitan dengan ruang yang dibutuhkan.

Pada beberapa kasus, terminal blok ini memakan cukup banyak ruang. Sehingga ketika pemasangan, teknisi harus menyediakan space area yang memadai. Selain itu, meskipun telah disambungkan dengan baik, terkadang getaran dan faktor lain membuat adanya kemungkinan kabel terlepas dari terminal blok.

Untuk itulah, teknisi harus memasang kabel pada terminal blok ini dengan sangat sebaik, agar tidak mudah lepas.

Dimana Tempat Untuk Membeli Terminal Blok?

Saat ini, terminal blok bukanlah lagi komponen listrik yang sulit untuk ditemukan. Sejumlah distributor Wago atau alat kelistrikan seperti PT.Helix Elektrindo. Anda dapat menemukannya dengan mudah di pencarian internet menggunakan sejumlah kata kunci seperti jual terminal block, terminal block murah dan lainnya. 

Bahkan beberapa marketplace belanja online saat ini juga telah menyediakan produk kelistrikan ini.

Itulah beberapa ulasan dari kami mengenai terminal blok listrik, manfaat dan juga kelemahan dalam penggunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lewatkan ulasan menarik lainnya dari kami dengan mengikuti blog ini. Terima kasih telah mampir dan membaca.