Perkembangan Teknologi Telekomunikasi yang Pesat

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi yang Pesat

Perkembangan dunia teknologi telekomunikasi memanglah berjalan sangat cepat. Di sini, teknologi telekomunikasi terus mengalami perubahan dari masa ke masa, mulai dari zaman pra sejarah sampai di era modern seperti saat ini. 

Pada zaman modern seperti saat ini teknologi telekomunikasi sudah mengalami banyak perubahan yang signifikan. Hal ini tentu saja dapat mempermudah manusia untuk bertelekomunikasi, sehingga membantu manusia dalam mengerjakan suatu hal dalam segala aspek kehidupan.

Sejarah Piranti Teknologi Telekomunikasi

Dalam berita teknologi telekomunikasi itu sendiri tentu tidak bisa lepas dari sejarah yang telah dilalui dalam menciptakan berbagai alat ini. Pada masa prasejarah (3000 SM) teknologi telekomunikasi mulai diciptakan lho walaupun dengan konsep yang sederhana.

Pada masa itu, teknologi telekomunikasi yang digunakan adalah dengan simbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan teknologi telekomunikasi. Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. 

Teknologi telekomunikasi pada masa itu muncul karena kondisi alam sekitar. Hal tersebut kemudian semakin berkembang mulai dari menggunakan burung merpati, telegraf, telegram, surat-menyurat hingga email yang kemudian semakin berkembang pesat menjadi telefon, dan lainnya.

Merpati merupakan salah satu alat telekomunikasi mengantar surat atau pesan yang pernah populer di masanya. Alasan penggunaan burung merpati karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang, metode ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. 

Metode ini pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirimkan pesan sekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. 

Setelah itu, ada orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade melalui merpati pos. pada masa perang dunia pertama (1914-1918) pun pasukan Amerika menggunakan permati pos untuk alat teknologi telekomunikasi yang paling mudah.

Baca juga: Perkembangan Kota palu Pasca Bencana Alam

Penemuan Telegraf sebagai Kemajuan Teknologi dunia Komunikasi

Kemajuan dunia teknologi telekomunikasi semakin mengalami kemajuan yang pesat. Salah satunya adalah dengan penemuan telegraf. Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. 

Alat ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga Amerika, yaiutu Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pada masa itu, pesan pertama yang dikirim dilakukan pada 6 Januari 1838. 

Pesan tersebut dikirimkan oleh operator menggunakan kode morse. Pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Penggunaan alat ini menjadi sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.

Telegram ini mulai dipopulerkan pada tahun 1920-an. Dan telegram merupakan suatu alat yang menggunakan kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telepon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. 

Keunggulan telegraf ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indah biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya ratau tahun baru.


Berdasarkan teori “The Historical Context Internasioanal Communication” pentingnya mengetahui sejarah perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini, dari berbagai jenis alat telekomunikasi dari pra sejarah hingga di masa modern saat ini. Kita menjadi paham akan sejarah perkembangan teknologi yang semakin cepat dan semakin canggih.

Perkembangan Telepon

Setelah perkembangan telegraf, penemuan baru di dunia teknologi telekomunikasi mengalami perkembangan kembali. Kali ini dengan adanya penemuan telepon. Penemuan telepon didorong oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat. 

Telepon pada masa itu ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Di Indonesia sendiri, telepon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang digunakan oleh pihak swasta.

Jaringan telepon pertama ini digunakan untuk menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telephon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telephon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon) Dienst.

Internet dan Kebutuhan Masyarakat dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Dunia teknologi telekomunikasi memanglah mengalami banyak perubahan yang cepat. Saat ini, penggunaan internet sudah menjadi makanan sehari-hari dan ditemukan dalam semua kegiatan. Internet sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan manusia.

Teknologi telekomunikasi saat ini mementingkan sifat cepat dan akurat sehingga transfer informasi bisa dilakukan dengan cepat. Kemudahan ini juga menjadi salah satu nilai plus bagi internet karena mampu menyediakan fitur ini.

Meski demikian, internet sendiri memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah kurangnya filter dalam pemakaiannya. Hal ini membuat mudahnya tersalurkannya informasi negatif di masyarakat.

Demikian informasi mengenai sejarah perkembangan teknologi telekomunikasi. Semoga bermanfaat!

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *