Film Kartun Anak yang Mendidik

Ayo Tonton Film Kartun Anak yang Mendidik Ini Beserta Pesan Moralnya!

Edukasi pada anak tidak hanya berupa pelajaran akademik saja, melainkan juga dengan menanamkan nilai-nilai moral pada anak. Salah satunya adalah dengan memberikan film kartun anak yang mendidik agar dapat mengembangkan imajinasinya dan belajar mengenai hal baru. Selain itu, mendidik dengan contoh karakter yang positif merupakan prioritas utama supaya anak dapat berperilaku baik.

Film kartun mungkin menjadi salah satu tontonan favorit bagi anak dan mampu menarik perhatiannya. Animasi yang menarik, tampilan warna bagus dan tokohnya biasanya akan ditiru oleh anak. Melalui visual inilah, anak dapat berlatih menyampaikan pendapat dan opininya kepada orang tua melalui bercerita. Selain sebagai media hiburan, menonton film kartun dapat dijadikan momen kedekatan bersama keluarga.

1. Kartun Baby Bus

“Kartun Baby Bus” adalah serial animasi yang memiliki nilai pesan moral positif serta dapat disaksikan di Video secara gratis. Konsep dari film kartun anak yang mendidik ini belajar sambil bernyanyi dengan nilai moral yang ditanamkan melalui lagu. Manfaat yang didapatkan yaitu anak semakin banyak belajar kosakata bahasa, meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak.

2. Upin Ipin di MNCTV

“Upin Ipin” adalah serial kartun anak kembar yang sering tayang setiap hari di MNCTV. Banyak pelajaran yang dapat dipetik melalui tokoh Upin, Ipin beserta temannya. Pesan moral yang terkandung dari film ini yaitu untuk selalu bersyukur kepada Tuhan diiringi dengan usaha jika menginginkan sesuatu. Anak kembar ini juga mengisahkan untuk selalu hormat dan berbakti kepada orang tua.

3. Tayo di RTV

“Tayo” merupakan kartun  dengan tokoh bis kecil yang mengajarkan arti persahabatan dan nilai kebaikan. Film kartun berjudul Tayo ini memperkenalkan kepada anak-anak untuk selalu disiplin dalam berlalu lintas serta mematuhinya. Selain itu, pesan moral yang terkandung dalam film ini mengajarkan anak untuk bertanggung jawab. Animasi serial ini dapat disaksikan di RTV dan Video secara gratis.

4. Inside Out 2015

“Inside Out” merupakan film kartun anak yang mendidik yang digemari anak-anak. Film yang dapat disaksikan di indoxxi ini, menggambarkan mengenai 5 jenis emosi di dalam sebuah pikiran anak usia 11 tahun. Markas besar emosi atau Headquarter berperan penting dalam mengendalikan pikiran dan kehidupan sehari-hari yang dijalani. Pesan moral dari film ini menunjukkan refleksi kehidupan bagaimana anak dapat mengatur kestabilan emosinya.

5. Lion King 2019

“Lion King” tayang pertama kali di Bioskop pada 17 Juli 2019. Nilai moral pada film ini tentang arti penting sebuah persahabatan, keluarga dan kebersamaan. Bermula dari kehidupan anak raja bernama Simba yang harus kehilangan sosok ayahnya Mufasa karena dibunuh oleh pamannya. Usai kejadian ini, Scar merebut posisi raja dan mengusir Simba hingga akhirnya kembali merebut kembali tahtanya.

Baca juga: 10 Lagu Hits Band Rock Indonesia Tahun 90-an

6. Nussa the Movie 2021

“Nussa the Movie” adalah salah serial animasi yang diproduksi oleh Negara Indonesia. Film ini dirilis pada 1 Oktober 2021, yang bercerita mengenai anak bernama Nussa dan Jonni yang memiliki kecerdasan dan keunggulan di bidang sains. Melalui kompetisi di sekolahnya, proyek-proyek Sains dilakukan dengan memanfaatkan benda-benda bekas. Di sinilah konflik mulai terjadi dan Nussa mulai kehilangan kepercayaan diri.

Jadi, itulah lima pilihan film kartun anak yang mendidik yang bermanfaat sekali bagi perkembangan tumbuh kembang anak. Pesan moral yang disampaikan menanamkan nilai-nilai positif yang dapat dijadikan sebagai contoh karakter bagi anak. Film-film kartun populer di atas dapat disaksikan melalui streaming maupun serial di acara TV dan jangan lupa untuk selalu mengawasinya ketika sedang menonton.